Baca Juga
Kita mungkin sudah sering dengar kata ngelitik alias engine knocking
yang biasanya mengacu pada suara mesin kasar terus-terusan yang terasa
seperti sedang sakit. Apa yang sebenarnya terjadi ketika mesin begitu,
apa penyebabnya dan apa dampaknya?
Dalam penjelasan sederhana ngelitik adalah situasi ketika
pembakaran pada mesin tidak berjalan normal. Bahan bakar seharusnya
terbakar dalam waktu yang telah ditentukan sesuai siklus mesin, ngelitik terjadi ketika pembakaran tidak sesuai.
“Ngelitik itu disebabkan pembakaran yang tidak diinginkan. Jadi
pembakaran bensin yang meledak sendiri sebelum waktunya,” ujar Ari
Tristanto, Sales Trainer Mazda Motor Indonesia, ketika menjelaskan
tentang teknologi Skyactiv-G (bensin) di Bandung, Sabtu (19/3/2016).
Mazda adalah produsen yang berhasil mengatasi problem ngelitik pada mesin dengan rasio kompresi tinggi (tekanan tinggi) lewat paket teknologi Skyactiv.
Penyebab
Alasan ngelitik terjadi bisa disebabkan oleh kualitas bahan
bakar dan kandungan oktan yang lebih rendah dari seharusnya. Ada alasan
kuat mengapa seharusnya kita mengikuti petunjuk pilihan jenis bahan
bakar (biasanya di dekat tutup tangki bahan bakar), sebab kalau tidak
bisa memicu pembakaran lebih dulu sebelum seharusnya.
Penyebab umum lainnya bisa datang dari busi. Kondisinya macam-macam,
misalnya masih dipakai padahal sudah seharusnya ganti atau diganti tapi
tidak sesuai spesifikasi. Busi bekerja dalam hitungan pasti, ketika
kesalahan kerja terjadi maka mengganggu pembakaran hingga, seperti kita
sudah tahu, membuat mesin ngelitik.
Penyebab lain ngelitik seperti disitat dari How Stuff Works, yakni terdapat kerak pada ruang pembakaran, injektor kotor, sensor knocking rusak, sil kadaluarsa, dan bisa juga karena mesin bekerja terlalu panas.
Tidak ada komentar
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar dengan Bijaksana