Baca Juga
Raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba kini telah telah menunjukkan
geliatnya, pasalnya kini mereka telah mencaplok saham mayoritas dari
e-commerce Lazada. Seperti yang kita ketahui, Lazada saat ini merupakan
e-commerce terbesar di Indonesia. Transaksi itu telah disampaikan
sendiri oleh pihak Alibaba pada hari selasa, (12/4/2016).
Transaksi yang baru diumumkan tersebut terdiri dari investasi modal
ekuitas baru sebesar USD 500 juta dan akusisi saham dari share holder
Lazada yang lama. Jika keduanya di total, maka perusahaan itu telah
mengucurkan dana sebesar $1 miliar atau sekitar Rp13,1 triliun.
Tentu nominal tersebut terhitung fantastis dan diharapkan dapat
memperluas cakupan Alibaba ke wilayah Asia, terutama Asia Tenggara.
Seperti yang diketahui, Lazada sendiri telah memiliki tempat yang cukup
kuat di wilayah Asia Tenggara. Kendati hanya menguasai 3% dari total
penjualan online di seluruh dunia, namun wilayah Asia Tenggara memiliki
potensi angka pertumbuhan yang sangat luar biasa.
Hal itu karena penetrasi internet di kawasan Asia Tenggara terus
meningkat setiap harinya. Selain itu, jika digabungkan, populasi di
Asia Tenggara mencapai 560 juta jiwa, di mana lebih dari 200 juta di
antaranya merupakan pengguna internet aktif.
Sementara e-commerce Lazada sendiri telah beroperasi dan hampir
menguasai pasar e-commerce di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura,
Thailand dan Vietnam. Di wilayah tersebut, geliat Lazada terlihat sudah
terlihat menjanjikan.
“Dengan berinvestasi di Lazada, Alibaba memperoleh platform dengan
basis konsumen yang besar dan terus tumbuh di luar China,” sebut
Presiden Alibaba Micahel Evans dalam sebuah pernyataan seperti yang
dikutip dari laman Businesswire, Selasa (12/4/2016).
Sedangkan CEO Lazada Group, Max Bittner, juga menambahkan bahwa
wilayah Asia Tenggara yang menjadi daerah operasional Lazada saat ini
merupakan pasar yang menarik dengan ruang luas untuk terus
berkembang. Bittner juga sangat gembira karena bergabung di bawah payung
Alibaba yang merupakan e-commerce terbesar di Tiongkok.
Selain itu, Lazada juga akan menggunakan teknologi yang dimiliki oleh
Alibaba untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan pengalaman
berjualan dan berbelanja yang lebih baik lagi dari sebelumnya.
Tidak ada komentar
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar dengan Bijaksana